Buat blog di Blogspot

Sebagai posting pertama dari blog Belajar Ngeblog ini saya akan membahas tutorial tentang cara mulai membuat blog di Blogspot atau Blogger. Blogger atau Blogspot adalah salah satu fasilitas dari Google yang disediakan secara gratis untuk mulai membuat blog,  Blogger merupakan salah satu platform dari sekian banyak platform untuk membuat sebuah blog.  Artikel akan membahas cara membuat account atau mendaftarkan diri di Blogger atau Blogspot, dan bagaimana cara membuat blog dari Google atau Blogspot ini. Yang pertama kali harus dilakukan untuk mulai membuat blog adalah Klik pada alamat Blogger ini.

Selanjutnya klik pada Image seperti Gambar dibawah ini, dan kita akan  menuju Form Pendaftaran yang harus diisi sesuai denan identitas kita



Cara Mengisi Form Pendaftaran :

Berikut penjelasan mengenai Form ini:
  • Email address – isilah dengan alamat email yang dimiliki, jika belum mempunyainya maka kita bisa membuatnya nanti.
  • Enter a password – isi dengan password yang dikehendaki.
  • Retype password – ulangani password yang diisi tadi.


  • Display name – nama yang akan ditampilkan pada hasil postingan.
  • Word Verification – isikan sesuai dengan huruf yang terlihat pada gambar.
  • Acceptance of Term – klik pada check box yang bertuliskan I accept the Terms of Service, dengan mengklik ini berarti kamu seutju untuk mematuhi semua aturan yang tertera pad Term of Service, apa saja peraturannya ? kita dapat membacanya dengan cara mengklik pada link tersebut.
Jika semua suda diisi, lalu klik Continue pada gambar panah seperti yang terlihat disini.

Jika semua berjalan lancar dan semua sudah diisi dengan benar, maka kita akan dibawa menuju Form Penamaan Blog untuk memberi nama blog kita seperti terlihat dibawah ini :

Penjelasan :
  • Blog title – ini merupakan judul dari Blog kamu nantinya, kamu dapat mengisinya sesuai dengan selera. Kamu juga bisa mengubahnya nanti bila dibutuhkan.
  • Blog adderss (URL) – ini akan menjadi alamat dari Blog kamu nantinya, misalnya kamu isi dengan “blogku” maka alamat blog kamu nantinya menjadi : Http://blogku.blogspot.com, klik pada link yang bertuliskan Check Avalability untuk memeriksa apakah alamat tersebut sudah ada yang menggunakannya.
    Jika menampilkan tulisan This blog address is available, berarti alamat tersebut bisa kamu gunakan. Jika menampilkan tulisan Sorry, this blog address is not available berarti kamu harus mengganti dan mencari nama lain untuk alamat blog, isi dengan nama lain lalu klik lagi link Check Avalability untuk memeriksa.
  • Advance setup – kamu tidak perlu menghiraukan yang ini.

Memilih Template untuk Blog

Jika sudah menemukan alamat yang bisa digunakan, klik pada tanda panah yang bertuliskan COTINUE. Lalu kita akan dibawa menuju layar pemilihan Template. Apa itu Template ? yaitu design tampilan blog kita nantinya.
Kita dapat memilih sesuai dengan selera, kita juga dapat mengubahnya nanti bila dirasa perlu. Klik pada gambar panah yang betuliskan CONTINUE jika sudah menemukan Template yang cocok.
Maka proses pembuatan blog kita di Blogspot telah selesai, Blog yang baru kita buat sudah bisa digunakan. Kita bisa mulai mengisinya dengan Artikel atau biasa disebut juga Posting. Terserah mau Kita isi dengan Artikel tentang apa.
Bisa mengenai kehidupan sehari-hari atau membahas topik-topik tertentu. Untuk mulai membuat artikel klik pada tanda panah bertuliskan START POSTING.
sampai disini anda sudah mengetahui bagaimana cara mulai membuat blog di blogspot



Posting Komentar untuk "Buat blog di Blogspot"