Edit Template blogspot (Newbie)

Salah satu penyedia blog  blogger Bagi Saya adalah karena dapat di ubah templateatau pun diedit disesuaikan dengan keinginan kita. Memang tidak sefleksibel Wordpress yang di host di server sendiri, namun lebih baik dari Wordpress.com (dalam hal editable).


Mengedit template blogspot ? Mungkin kebanyakan Newbie (pemula) seperti saya akan berpikir seribu kali untuk utak-atik template. Takutnya, bukan hasil seperti yang diinginkan, melainkan kekacauan tampilan blog akibat kesalahan.

Sebenarnya ada beberapa langkah pengaman yang dapat dilakukan sehingga kita dapat bereksperimen mengubah template blog kita. Coba beberapa trik berikut utuk mengedit html template blog kita di blogspot.

Login ke akun Blogger anda. Pilih Tata Letak kemudian pilih Edit HTML.



Sebelum memulai edit html template blogspot anda, selalu biasakan backup lebih dulu dengan cara klik Download template lengkap. Ini untuk berjaga-jaga jika saja hasil kerja kita jauh dari harapan, maka kita dapat mengembalikan lagi seperti semula.
Beri tanda centang pada Expand Template Widget.

Ketika proses edit kita rasa sudah selesai dan hasilnya disimpan, terkadang muncul pesan error dengan tulisan merah yang menjelaskan apa dan dimana kesalahannya. Coba periksa lagi apa yang sudah kita lakukan lagi, mungkin ada huruf atau tanda baca yang terlewat. Jika mengalami kesulitan lebih baik klik tombol [Clear Edits] untuk membersihkan editan kita yang salah dan mulai lagi dari awal.

Sebagai bahan belajar, anda bisa gunakan template blog yang aku pakai di blog ini. Download template disini dan edit sesuai dengan keinginan anda.

Demikianlah pengetahuan umum dan mendasar tentang edit html template blog kita di blogspot. Mudah-mudahan bermanfaat, setidaknya bagi aku sebagai pemula yang ingin belajar mempercantik blog sesuai keinginan hati.

Posting Komentar untuk "Edit Template blogspot (Newbie)"