Mengetahui Statistik Blog Anda Dengan Google Analytics - Andaripa Blog

Mengetahui Statistik Blog Anda Dengan Google Analytics


tools-tools yang bisa digunakan untuk mengetahui hal ini, tentu saja banyak. Baik yang gratisan ataupun yang berbayar.  Salah satunya yang paling terkenal adalah Google Analytics
Google Analytics juga merupakan salah satu layanan gratis yang diberikan oleh Google, Google Analytics adalah online tools yang bisa digunakan untuk mencatat dan menganalisa statistik website ataupun blog.
Google Analytics bisa digunakan mulai dari blog berskala kecil sampai dengan website yang berskala besar, selain gratis Google Analytics ini juga relatif mudah untuk diaplikasikan
Cara Mendaftar di Google Analytics
Sebelum bisa menggunakan google online tools ini, terlebih dahulu kita harus mendaftar, untuk mendaftar kamu bisa mengklik di alamat Google Analytics ini
. Lalu klik link dengan tulisan Sign Up Now, lalu kita akan dibawa menuju form pendaftaran.


Form ini untuk membuat sebuah akun di Google Analytics, isikan semua form yang tersedia. Jika sudah selesai klik pada tombol yang bertuliskan I accept.  Create My Account. Dengan mengklik tombol ini berarti kita menyetujui semua syarat yang telah ditentukan.
Selanjutnya kita dibawa menuju halaman
Getting Started – Improve your site and increase marketing ROI, klik pada tombol yang bertuliskan Sign Up >.
Lalu kita akan dibawa menuju layar Analytics: Getting Started – New Account Signup, jika pada halaman sebelumnya kita membuat account untuk contact person maka halaman ini untuk membuat account dari blog yang kita miliki.
Isikanlah data-data yang diminta seperti : Website’s URL: – alamat blog kita, Account Name: – terserah mau di isi apa, Time zone country or territory: – zona negara, Time zone: – zona waktu. Klik tombol Continue untuk melanjutkan.
Lalu kita dibawa menuju layar form contact person, isilah dengan data diri, Klik tombol Continue untuk melanjutkan. Lalu akan muncul layar User Agrement, baca dulu jika kamu ingin tahu apa saja peraturannya, lalu pilih checkbox dibagian bawah yang bertuliskan Yes, I agree to the above terms and conditions klik tombol Create New Account.
Lalu kita akan dibawa menuju layar Analytics: Tracking Instructions, disini kita diminta untuk memasukkan kode yang disediakan kedalam blog. Jika kamu belum tahu dimana harus meletakkan dan bagaimana caranya, kita akan mempelajarinya dibawah ini.

Meletakkan Kode Script Google Analytics di Blog

Kode yang disediakan oleh Google Analytics tersebut berguna untuk melacak dan mencatat semua informasi dan statistik yang dibutuhkan oleh Google Analytics dari blog kita. Maka itulah kita diminta untuk menempatkannya di blog.
1. copy seluruh kode tersebut ke clipboard (select all > CTRL+C),
2. SIGN IN di blog yang kamu miliki,
3. Masuk ke layar Template lalu pilih tab Edit HTML.
Pada layar Edit Template carilah tag </body> , jika kamu kesulitan untuk menemukannya kamu dapat menggunakan menu Find In This Page (CTRL+F) dari Firefox untuk mencarinya, jika sudah menemukannya paste-kan kode tadi di atas tag tersebut. Berikut ini contohnya :


Jangan lupa mengklik SAVE TEMPLATE untuk menyimpan perubahan, sampai pada proses ini kita telah berhasil mendaftar dan menempatkan kode script dari Google Analytics.
Google Analytics sudah mulai bisa mengumpulkan data statistik dan informasi dari blog kita, untuk melihat hasilnya kita bisa mengeceknya esok harinya. Karena Google Analytics ini biasanya baru akan memberikan laporan setelah 24 jam.
Kalo anda menggunakan self hosted wordpress anda bisa memasang script kode Google analytics pada file footer.php. disana anda bisa menemukan tag </body>

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengetahui Statistik Blog Anda Dengan Google Analytics"

Posting Komentar

Di Tunggu komentarnya bos