Cara membuat peta situs atau Sitemap - Andaripa Blog

Cara membuat peta situs atau Sitemap

Menjadi website/blog dengan urutan 10 besar dalam pencarian Google adalah keinginan para webmaster dan blogger. Karena ini adalah cara paling ampuh, efektif dan efisien, selain gratis cara ini juga sangat memberi peluang sukses, Tidak dipungkiri bahwa dengan mendapatkan ranking 10 besar Google sudah barang pasti peluang sukses ada diambang pintu. Karena menurut fakta para pengunjung dan pengguna internet hanya akan mengacuhkan website/blog yang berada diperingkat 10 besar.
Jadi jika website/blog anda masih berada diurutan 20 atau 30 besar jangan harap akan kebanjiran traffic (pengunjung). Sekarang banjir situs yang menawarkan e-book how to (cara-cara) meraih peringkat 10 besar di Google tetapi faktanya ebook tersebut tidak gratis. Jadi anda harus merogoh kocek anda. Lalu apakah ada panduan atau cara-cara yang gratis namun mutunya masih bisa dijamin.



Saya menjawab ada asal anda mau bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja secara ikhlas. Disini anda tidak perlu membayar untuk itu. Yang perlu anda lakukan adalah usaha dan do’a. Nah daripada kelamaan mendingan kita langsung saja ke pokok pembahasan kita (kayak kuliah aja he..he…!!!). yaitu cara agar website/blog kita menjadi ranking 10 besar di Google :
Memamfaatkan Jasa Pasang Iklan Gratis

1. Mamfaatkan jasa pemasangan iklan gratis yang banyak bertebaran di jagad maya, tetapi cara ini agak merepotkan, alternatifnya anda mamfaatkan jasa situs-situs berikut ini :

* www.freeadslink.com
* www.Growurl.com
* www.Spyonad.com

anda dapat mendaftar ketiga website tersebut secara gratis, sebenarnya ketiga layanan ini adalah layanan berbayar namun, masih tersedia paket gratisnya, dengan iklan yang dibatasi yaitu hanya satu iklan per hari, lumayankan.

1. cara kerjanya adalah anda tinggal memasang satu iklan di situs tersebut maka iklan anda tersebut akan di sebarkan oleh ketiga-tiga situs tersebut secara gratis ke website-website yang menjadi partner situs bersangkutan.
2. saran saya sebaiknya anda mendaftar dulu di website tersebut karena jika anda tidak mendaftar maka iklan anda tidak akan disebarkan keseluruh website partnernya namun hanya beberapa website saja. Untuk cara-caranya tidak begitu sulit karena sama dengan cara pemasangan iklan biasa.
3. langkah berikutnya yang harus anda jalani adalah membuat sebuah sitemap atau petasitus agar website/blog anda dapat di index (ditemukan) oleh Google tanpa terkecuali.
4. tetapi membuat petasitus bukanlah hal yang gampang bagi para webmaster/blogger awam (sama seperti saya ini), karena tidak punya sama sekali pengetahuan tetang sitemap.xml.
5. tetapi kita mesti bersyukur karena setiap kendala itu pasti ada solusinya. Makanya baca lebih lanjut uraian berikut ini.
6. berikut ini kita akan mengulas sedikit pengalaman tentang cara membuat peta situs dengan sangat mudah sekali. Karena lagi-lagi saya pengguna blog gratis dari wordpress.com maka cara-cara yang akan saya jelaskan juga lebih menjurus ke blog wordpress.com.

Cara Membuat dan Mendaftarkan Petasitus di Google

1. Langkah pertama klik link berikut ini http://www.xml-sitemaps.com
2. Perlu anda ingat situs ini hanya akan memproses petasitus untuk website/blog anda dengan jumlah maksimal postingan 500 postingan.
3. Lalu akan muncul pengisian data-data terkait dengan blog anda, selanjutnya isikan alamat Url blog anda dan data-data lainnya.
4. Selanjutnya klik tombol “start”. Biarkan beberapa saat situs ini memproses sitemap untuk blog anda.
5. Jika prosesnya berhasil maka anda akan disuguhi beberapa petasitus.

* Petasitus dengan format xml. Untuk Google.
* Petasitus dengan format txt . Untuk yahoo.
* Petasitus dengan format html. Untuk bing (MSN).

1. Pilih poin pertama yaitu peta situs dengan format xml. Karena kita akan menambah petasitus ke Google.
2. klik petasitus yang bisa langsung di buka dengan Internet Exloprer bukan dalam format .zip.
3. setelah link yang tersedia tersebut anda klik maka anda akan langsung di bawa ke halaman baru internet explorer beserta dengan petasitusnya.
4. anda copy semua petasitus tersebut.
5. selanjutnya login (masuk) ke dashboard akun wordpress anda.
6. di dashboard blog wordpress anda sorot kata “halaman atau page” kemudian pilih kata “tambah halaman atau add page”.
7. pada bagian title atau judul halaman ketik “sitemap.xml” setelah itu dibagian halaman tempat penulisan postingan sisipkan sitemap yang telah kita copy tersebut, Setelah itu coba kunjungi halaman tersebut.
8. Jika berhasil kembali ke dashboard Google webmaster anda. Untuk melakukan proses penambahan petasitus.
9. klik link daftar alamat Url website/blog yang telah anda diverifikasi oleh Google. (jika blog anda belum diverifikasi oleh Google maka verifikasi dulu untuk panduanverifikasinya klik disini)
10. selanjutnya pilih menu kanan bawah yaitu menu petasitus.
11. kemudian anda pilih menu “Tambah Petasitus” untuk menambah petasitus anda ke Google.
12. ketik kata “sitemap.xml”. tekan tombol tambah.
13. tunggu beberapa saat (±15-30 menit). Atau anda dapat mencari info lain atau buka e-mail/facebook, untuk sementara waktu sebelum Google menemukan dan membaca letak peta situs website/blog anda.
14. setelah beberapa saat ( setelah menunggu ±15-30 menit) silahkan lihat lagi apakah Google berhasil membaca letak peta situs anda (biasanya jika proses pembacaan tidak galat karena masalah koneksi internetnya, insyaallah petasitus blog anda selama waktu tersebut sudah dapat dibaca oleh Google).
15. nah sampai disini usaha anda telah membuahkan hasil, Anda tunggu respon dari Google selanjutnya.
16. agar anda lebih memahami apa itu petasitus silakan anda praktekkan panduan ini,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara membuat peta situs atau Sitemap"

Posting Komentar

Di Tunggu komentarnya bos